Menu Bar

Senin, 17 Agustus 2015

Seleksi Penerimaan Beasiswa Djarum Plus

Haiii guys, karena cukup banyak yang nanya tentang seleksi masuk beasiswa Djarum, saya mau sedikit sharing tentang seleksi penerimaan beasiswa Djarum Plus. Semoga membantu yah ;)

Beasiswa Djarum Plus merupakan salah satu jenis beasiswa yang cukup terkemuka, dan gak sedikit mahasiswa yang berlomba-lomba untuk bisa jadi Beswan Djarum Foundation. Beasiswa Djarum merupakan salah satu bagian dari Djarum Bakti Pendidikan dan telah ada dari 1984 untuk berkontribusi membangun pendidikan bangsa Indonesia. Penerima beasiswa Djarum akan mendapatkan uang saku sebesar Rp. 750.000 / bulan. Dan yang membedakan Beasiswa Djarum dengan yang lainnya adalah selain mendapatkan beasiswa selama satu tahun, Beswan(sebutan bagi penerima beasiswa Djarum) juga akan diberikan pelatihan keterampilan, competition, dan juga softskill untuk dipersiapkan menjadi pemimpin bangsa. Pelatihan tersebut meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Debate Competition, Writing Competition, serta International Exposure. 

Syarat Pendaftaran :
1. Mahasiswa Strata 1 / Diploma 4 Politeknik dari Universitas yang sedang menempuh semester 4 dan akan naik ke semester 5.
2. IPK minimum 3.00 pada semester 3
3. Dapat mempertahankan IPK 3.00 sampai akhir semester 4
4. Aktif mengikuti organisasi baik di dalam maupun luar kampus
5. Tidak sedang menerima beasiswa dari pihak lain
6. Mengisi formulir pendaftaran online di Formulir pendaftaran online

Syarat Administrasi :
1. Bukti pendaftaran online
2. Satu lembar foto 4 x 6 berwarna memakai jas almamater
3. Fotokopi kartu mahasiswa
4. Transkrip nilai semester 1 - 3 yang telah di legalisir
5. Surat keterangan aktif organisasi / Fotokopi sertifikat kegiatan organisasi yang pernah diikuti / Fotokopi bukti prestasi lainnya
6. Surat keterangan dari Kampus (Rektorat / Fakultas) bahwa sedang tidak menerima beasiswa dari pihak lain.

Untuk tahap seleksi Beswan Djarum terdiri dari 4 tahap guys :

1. Tahap Administrasi
Tahap ini merupakan tahap seleksi berkas yang kalian kirimkan ke Djarum Foundation berkas yang dikirimkan adalah berkas Syarat administrasi diatas. Kalau lulus seleksi berkas, kita akan mendapat undangan langsung dari panitia seleksi melalui e-mail / sms untuk mengikuti psikotest di tempat dan waktu yang sudah ditentukan oleh Djarum Foundation. Undangannya sebagai berikut (jika melalui e-mail)
2. Tahap Psikotest
Tahap ini merupakan tahap kedua dari seleksi, biasanya yang diundang ini per regional ataupun per universitas. Ada dua kategori dalam psikotest ini, 

Yang pertama adalah test yang berkaitan dengan gambar :

>>>  WARTEG Test
Dalam test ini kalian akan diminta melanjutkan gambar dari 8 kotak berbeda. Sebelum waktu habis kalian akan diminta mengurutkan gambar yang berhasil kalian buat terlebih dahulu. Selain itu kalian akan diminta memilih gambar yang paling susah dan yang paling mudah dibuat. Serta gambar yang kalian paling suka dan gambar yang tidak kalian sukai.
Jangan berpikir terlalu lama, karena waktu yang diberikan tidak banyak. Jadi kerjakan secara spontan sesuai imajinasi kalian. 

>>> Draw Man Test
Kalian akan diminta menggambar manusia, bebas sesuai imajinasi kalian. Siapa yang akan kalian gambar. Dan kalian akan diminta menuliskan identitas dan karakter dari manusia yang kalian gambar tersebut.

>>> Draw Tree Test
Kalian akan diminta menggambar pohon yang berkambium, tidak boleh menggambar pohon tidak berkambium (palem,kelapa, dll) atau tanaman umbi-umbian. Saran saya adalah, gambarlah bagian pohon secara lengkap, mulai dari batang, daun, buah, akar. 

Saran untuk test kategori pertama ini adalah "BE YOURSELF!" Buatlah sesuai imajinasi kalian. Jangan meniru apapun dari google atau yang lainnya. Karena tim penilai pasti tau jika itu bukanlah hasil pikiran kalian. dan kemungkinan kalian lulus kecil jika mengikuti jawaban dari google.


Yang kedua adalah tes yang berhubungan dengan angka, logika, PAULI test, dan pengetahuan umum :
Soal akan dibagikan dalam bentuk buku soal. Dalam buku soal tersebut ada beberapa bagian, seperti tes verbal, deret angka, pengetahuan umum. Kalian mengerjakan sesuai petunjuk panitia pengawas. Waktunya sangatlah sempit. Jadi fokuskan pikiran anda ke soal bukan ke teman anda. Terutama saat mengerjakan PAULI Test, kerjakan dengan konsentrasi penuh, jangan pikirkan teman anda lebih cepat dari anda, pikirkan yang terbaik yang bisa kalian kerjakan saat itu adalah menghitung dan menulis dengan cepat sesuai petunjuk pengawas.

Setelah selesai kalian akan diberikan makan siang, dan diminta menunggu di luar ruangan. Panitia seleksi akan langsung menilai pekerjaan anda, dan mengumumkan siapa yang lulus ke tahap selanjutnya. Panitia akan menempelkan kertas yang berisi nama yang lulus,bagi yang tidak ada namanya yaaaaa sayang sekali anda belum beruntung! tetap semangat!

Bagi yang luluss CONGRATULATION! Kalian berhasil melewati tahap yang sulit, namunnn jangan senang dulu karena masih ada tahap selanjutnya.

3. Tahap FGD dan Interview
Dalam tahap FGD kalian akan dibagi beberapa kelompok, dan diberikan studi case dari persoalan umum yang berbeda-beda di setiap kelompok. Kalian akan diberikan waktu berdiskusi selama 15 menit dan menuliskan hasil Summary diskusi kalian di Paper Flip Chart, saat kalian berdiskusi akan ada 1 pengawas yang akan melihat diskusi kalian,Diskusi dalam bahasa Indonesia.  Usahakan jadi anggota yang SMART, maksudnya adalah omongan kalian BERBOBOT saat diskusi bukan HYPERAKTIF bicara tidak jelas dan sok hebat untuk solve problem ya guys, Be careful! Ah yaaa, akan jadi nilai tambah jika kalian bisa menjadi moderator kelompok saat diskusi.

Setelah waktu diskusi habis, setiap kelompok akan diminta mempresentasikan selama 15 menit tentang summary topik yang telah didiskusikan. Usahakan kalian mendapat kesempatan untuk berbicara saat presentasi, karena itu akan menjadi nilai tambah juri. Dan setiap kelompok akan diijinkan untuk bertanya kepada kelompok yang presentasi di depan, usahakan juga agar kalian bisa dapat kesempatan bertanya. Itu akan jadi nilai tambah untuk penilai.

Setelah FGD selesai maka test di hari itu telah selesai, kalian akan menjalani interview keesokan harinya di tempat yang ditentukan oleh Djarum. Biasanya yang menginterview ini adalah HR Djarum Foundation. Jawablah sesuai apa yang anda tulis di aplikasi pendaftaran. sekali lagi "Be Yoursellf! and Be Honest!" 

4. Tahap Verifikasi
Selanjutkan Djarum Foundation akan memverifikasi apakah IPK kalian masih bertahan diatas 3.00 pada akhir semester 4 di kampus masing-masing.

Itu adalah tahapan seleksi dari Beasiswa Djarum Plus, bagi kalian yang sampai di tahap Interview kalian tetap harus berdoa, karena masih banyak yang gugur setelah sampai ke tahap itu. Jika kalian lulus Djarum akan mengumumkan siapa yang lulus diterima menjadi Beswan Djarum di website Djarum,kalian harus login menggunakan nomor pendaftaran kalian untuk mengecek hasilnya, dan Jika lulus kalian akan melihat ini :

Saya ucapkan Selamat bagi yang melihat pesan seperti itu! :D Karena kalian telah terpilih dari berpuluh-puluh ribu orang yang mencoba. Dan Selamat bergabung dalam keluarga Beswan Djarum!

Bagi yang tidak lulus saya tidak tahu pesannya seperti apa, tapi tetap semangat ya kawan :) Perjalanan kalian masih panjang. Keep fight! ☺️

Cheers,
Jovita ✌️

Tidak ada komentar:

Posting Komentar